Jumat, 15 Januari 2010

Produktifitas Peretanian Kab.Landak


Penghargaan Peningkatan Produksi Beras Print E-mail


Image

NGABANG- Kamis (18/12) sore lalu di Istana Negara. Bupati Landak DR Drs Adrianus AS MSi, berhasil menerima penghargaan kategori Program Peningkatan Beras Nasional (P2BN) tahun 2008 yang diserahkan langsung Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.
Tentunya keberhasilan ini menjadi catatan tersendiri bagi Adrianus, demi menggairahkan sektor Pertanian Kabupaten Landak, sehingga memotivasi para petani bekerja lebih keras dan menghasilkan produksi yang lebih baik dari tahun sebelumnya.
“Kehadiran saya di Jakarta hanya mewakili masyarakat Kabupaten Landak, terutama para petani. Berkat jasa mereka kita dapat penghargaan kategori Program Peningkatan Beras Nasional (P2BN) tahun 2008,” kata Adrianus.
Sebelumnya Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Landak Ir. Pa’du Palembong, mengatakan penghargaan tersebut diberikan Presiden kepada Kepala Daerah yang berhasil meningkatkan produksi padi di atas lima persen sepanjang tahun 2007. Kabupaten Landak sendiri berhasil meningkatkan produksi padi sebesar 13, 1 persen.

Last Updated ( Kamis, 29 Januari 2009 )
Lokasi Obyek Wisata di Landak Print E-mail
Ditulis oleh Administrator
Senin, 15 Desember 2008

NO

JENIS OBJEK WISATA

LOKASI

JARAK DARI

Ibu Kota Kab.

1.

2.

WISATA SEJARAH/BUDAYA

- Rumah Betang Saham

- Makam Juang Mandor

- Keraton Raja Landakj

- Situs Panyugu Ria Sinir

- Bukit Marabukatn

WISATA ALAM

- Air Terjun Banangar

- Air Terjun Terinting

- Air Terjun Morban

- Air Terjun Remabo

- Goa Kelelawar

- Riam Panjang

- Gunung Niut

- Danau Juang Mandor

- Air Terjun AnganTembawang

- Panorama Gunung Sehaq

Desa Saham Kec. S.Temila

Desa Mandor Kec.Mandor

Desa Raja Kec. Ngabang

Desa Bagak Kec. Menyuke

Desa Untang

Desa Perbua’ Kec. Air Besar

Desa Engkadi Kec. Air Besar

Desa Engkadi Kec. Air Besar

Desa Sekendal

Desa Jambu Kec. Air Besar

Desa Riam Panjang

Desa Bentiang

Desa Mandor Kec. Mandor

Desa Angan Tembawang

Desa Asong Kec. S.Temila

52 Km

75 Km

1 Km

70 Km

220 Km

85 Km

87 Km

88 Km

92 Km

50 Km

42 Km

98 Km

76 Km

35 Km

48 Km

Last Updated ( Selasa, 27 Januari 2009 )
Panen Rupiah dari Peternakan Print E-mail
Ditulis oleh Administrator
Sabtu, 13 Desember 2008

SAPI POTONG
Potensi pengembangan ternak sapi potong di Kabupaten Landak masih terbuka luas. Hal ini didukung oleh tersedianya lahan yang luas untuk padang penggembalaan serta untuk penanaman hijauan makanan ternak. Selain itu di Kabupaten Landak terdapat kebun sawit yang cukup luas, ini merupakan lahan yang potensial untuk pengembangan pola Integrasi Sapi – Sawit. Sedangkan dari aspek pemasaran didukung oleh sarana transportasi seperti adanya jalan darat antar negara ke Malaysia dan Brunai Darussalam.
Image

UNGGAS
Pengembangan ternak unggas di Kabupaten Landak masih terbuka luas karena sebagian besar masyarakat Landak sudah terbiasa memelihara ayam buras maupun itik. Hal ini didukung, oleh ketersediaan bahan baku pakan unggas yang berlimpah serta sarana transportasi yang lancar.

Last Updated ( Kamis, 15 Januari 2009 )
Selengkapnya...
Potensi AgriBisnis di Landak Print E-mail
Ditulis oleh Administrator
Sabtu, 13 Desember 2008

Struktur perekonomian di Kabupaten Landak masih sangat didominasi oleh sektor pertanian (tanaman pangan dan hortikultura, perkebunan, peternakan, perikanan dan kehutanan) dengan menyumbang 52,19 % terhadap PDRB (Pendapatan Domestik Regional Bruto) Kabupaten Landak (tahun 2006). Berikut potensi Agribisnis di Landak:


Struktur perekonomian di Kabupaten Landak masih sangat didominasi oleh sektor pertanian (tanaman pangan dan hortikultura, perkebunan, peternakan, perikanan dan kehutanan) dengan menyumbang 52,19 % terhadap PDRB (Pendapatan Domestik Regional Bruto) Kabupaten Landak (tahun 2006). Berikut potensi Agribisnis di Landak:

Kedelai
Image
Komoditi yang merupakan bahan baku pembuatan tahu dan tempe serta susu kedelai ini tersebar di kecamatan Mempawah Hulu, Menjalin, Menyuke dan Meranti. Dengan luas areal pertanaman 60 ha dan luas panen 58 ha pada tahun 2007.

Padi
Image
Merupakan komoditi utama yang diusahakan oleh petani di Kabupaten Landak. Tersebar di 10 kecamatan dengan sentra produksi di dua Kawasan Agrobisnis Terpadu (KUAT) yaitu KUAT Senakin (Kec. Sengah Temila) dan KUAT Sompak, kec Mempawah Hulu, (Sekarang Kec. Sompak).


Jagung
Komoditi kedua setelah padi yang diusahakan oleh petani di Kabupaten Landak. Jagung merupakan bahan baku pakan ternak yang tersebar di 10 kecamatan dengan sentra produksi berada di Kecamatan Ngabang, Kecamatan Mempawah Hulu dan Kecamatan Menyuke.

Ubi Kayu
Tanaman ini umumnya ditanam di daerah perbukitan pada lahan bekas penanaman padi gunung. Tersebar di 10 kecamatan dengan sentra produksi di Kecamatan Ngabang dan Kecamatan Mempawah Hulu. Selain sebagai bahan baku pembuatan tepung tapioka dan bahan utama pakan ternak juga dapat diolah menjadi produk makanan olahan seperti tapai, keripik dan lain-lain.

Cincao
Image
Sentra produksi tanaman ini terdapat di Desa Bilayuk, Caong dan Salumang di Kecamatan Mempawah Hulu. Tanaman cincao yang dibudidayakan oleh petani adalah jenis cincao hitam. Usaha tani cincao yang dilakukan belum dikembangkan secara besar-besaran dan berorientasi agribisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar